Kuliah Umum oleh Dr Fides Del Castillo Dosen di De la Salle University Manila.

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, menghadirkan salah seorang akademisi asal Filipina, Dr Fides Del Castillo, yang merupakan dosen di De la Salle University Manila.

Kehadiran Dr Fides ke Bireuen guna menjadi pemateri kuliah umum bagi ratusan mahasiswa dan dosen, yang digelar di ruang creatif center aula MA Jangka Umuslim, Kamis (12/10).

Kuliah umum itu dihadiri oleh mahasiswa program Studi Pendidikan Bahsa Indonesia,  Acara dibuka oleh Rektor Umuslim, Dr Marwan Hamid MPd, yang diwakili Kepala Prodi (ka prodi) PSL S2, Dr Ernawita MSc.

Pada kesempatan itu, Ernawita mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Dr Fides Del Castillo menjadi pemateri kuliah umum bagi mahasiswa Umuslim Peusangan Bireuen.

“Hari ini, kami kedatangan tamu istimewa, dengan prestasi akademis yang sangat baik, datang jauh dari Manila, Filipina. Kami sangat terhormat atas kehadirannya memberi ilmu kepada sivitas akademika Umuslim, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Dr Fides,” ucap Ernawita yang mendapat sambutan antusias dari 300 lebih mahasiswa Umuslim.

Rektor Marwan juga menyampaikan bahwa kehadiran Dr Fides Del Castillo dari De la Salle University Manila Filipina ke Umuslim merupakan rangkaian kedatangannya ke Aceh menjadi narasumber dalam konferensi Internasional Miceshi.

“Diiselenggarakannya kegiatan ini, atas kerja sama dan kolaborasi antara Umuslim dengan Universitas Malikusaleh dan melibatkan sejumlah akademisi dari berbagai perguruan tinggi baik yang ada di Indonesia maupun dari berbagai negara di seluruh dunia,” sebut Marwan.

Sementara itu, dalam paparannya dihadapan peserta, Dr Fides Del Castillo menyampaikan bahwa kontribusi ilmu pengetahuan sangatlah penting untuk menuju masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Selama tiga tahun terakhir, ada fonomena global yakni covid-19. Itu bukan menjadi hambatan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, kolaborasi pendidikan tetap berjalan dengan aktivitas maya,” ujar ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) De la Salle university Manila Filipina itu.

Disela-sela kuliah umum itu, juga dilakukan penandatangan naskah Memorandum of Agreement (MoA) antara LPPM De la Salle University Manila Filipina dengan LPPM Umuslim. (akh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *