Pekan Kebudayaan dan  Kreativitas MahasiswaTEMA KEARIFAN LOKAL ACEH ‘’Gaseh Meugaseh, Bila Meubila Dalam Tapuhu Bumo Kesenian Aceh

                …

         Matang Geulumpang Dua, 24/25 Desember 2023. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Al Muslim mengadakan sebuah penggelaran Pekan Kebudayaan dan  Kreativitas Mahasiswa dengan mengangkat  tema  tentang Kearifan Lokal ”GASEH MEUGASEH , BILA MEUBILA DALAM TAPUHU BUMO KESENIAN ACEH’’ Yang menggambarkan sebuah kreativitas seni yang di tampilkan dengan mengangkat kearifan lokal  yang ada di Aceh dan tentang mempersatukan perbedaan suku. Dalam pekan kebudayaan tersebut Mahasiswa  menampilkan berbagai persembahan yang sangat menarik,ada beberapa pertunjukan yang di tampilkan oleh Mahasiswa pendidikan Bahasa Indonsia seperti  Ranup Lampuan, Ratoh jaro , Tari Guel, Tari Gumang ,Tari Tarek pukat, pembacaan puisi, Drama Cut Nyak Dhien, Drama Putri Kaca Mayang, Treatikal puisi, yang menjadi persembahan utama dari Pekan Kebudayan ini adalah sebuah kolaborasi Seni Drama Tari dan Musik  yang mengisahkan tentang pemuda takengon yang merantau ke Bireuen, kemudian jatuh cinta kepada seorang gadis bireuen. Karena perbedaan suku cinta mereka tidak di restui,hinnga akhirnya perjuangan cinta mereka mempersatukan perbedaan suku tersebut .

    Acara Pekan Kebudayaan  ini di langsungkan 2 Hari, tidak hanya di isi dengan persembahan dari mahasiwa. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia juga mengadakan ajang  perlombaan sastra untuk  kalangan siswa SMA Sekabupaten Bireuen antaranya, Vokal Solo, Dodaidi, Monolog,dan Baca Puisi. Perlombaan ini dikuti oleh siswa dari berbagai sekolah  dan di meriahkan dengan penampilan para Dosen,Mahasiswa internasional ( mahasiswa nagoya ) dan juga mahasiswa ,siswa, dengan mengenakan pakaian adat aceh. Perlombaan ini diadakan  untuk meningkatkan kreativitas dan kompetensi dasar siswa untuk mewujudkan cinta terhadap  kebudayaan lokal .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *